Kamis, 10 November 2011

Soal Cahaya


1.    Tuliskan urut-urutan gelombang elektromagnetik, berdasarkan panjang gelombang terbesar ke panjang gelombang terkecil.
2.        Sebutkan sifat-sifat gelombang elektromagnetik
3.      Indeks bias untuk warna merah dan warna ungu pada prisma kaca kerona masing-masing adalah 1,55 dan 1,59. Jika sudut disperse prisma tersebut adalah 0,480, berapakh sudut pembiasnya?
4.        Sebuah prisma terbuat dari kaca yang indeks biasnya √2 dan memiliki sudut puncak 600. Seberkas sinar datang pada salah satu bidang sisi dengan sudut datang 450. Tentukan besar sudut deviasinya.
5.      Seberkas sinar datang dengan sudut datang 300 melewati suatu prisma sama sisi yang berada di udara dan terjadi deviasi minimum. Tentukanlah :
a.    Sudut deviasi minimum.
b.    Indeks bias prisma

6.        Dalam percobaan celah ganda Young, jika jarak pisah antara dua celah 45 μm dan jarak antara celah dengan layar 75 cm serta jarak antara dua pita terang yang berdekatan 1 cm, maka tentukan panjang gelombang cahaya yang digunakan. 
7.        Pada percobaan Young digunakan panjang gelombang 2000 Å. Jika dua celah berjarak 1 mm diletakkan pada jarak 1 meter dari sebuah layar, maka tentukan jarak terdekat antara pola interferensi garis terang pertama dan garis terang kesebelas.
8.    Seberkas cahaya melewati celah tunggal yang sempit, menghasilkan interferensi minimum orde ketiga dengan sudut deviasi 300. Jika cahaya yang digunakan mempunyai panjang gelombang 6000 Å, maka tentukan lebar celahnya.
9.    Seberkas sinar monokromatis dengan panjang gelombang 5000 Å datang tegak lurus pada kisi. Jika spektrum orde kedua membentuk sudut deviasi 300, maka tentukan jumlah garis per kisinya.
10.    Cahaya monokromatik jatuh tegak lurus pada kisi difraksi dengan 4000 celah per cm. bila spectrum orde kedua membentuk sudut 300 terhadap garis normal, maka tentukan panajang gelombang cahaya yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar